Barista : Perpaduan rasa dan seni dalam menghidangkan Kopi

Barista tentu bukan hal yang baru saat ini, tapi apakah Barista itu hanya sebuah pekerjaan untuk meracik kopi? Kenapa Barista menjadi profesi yang digandrungi belakangan ini?
Yuk kita pahami dulu tentang Barista!
Secara etimologi, kata barista berasal dari Bahasa italia yang berarti bartender. Yaitu mereka yang menyajikan segala macam minuman, Bukan hanya kopi. Namun seiring perkembangan jaman dan masuknya tren kopi ke amerika dan eropa, kata bartender kemudian diadopsi menjadi yang sekarang kita kenal, yaitu barista. Sementara di itali sendiri, barista sering disebut dengan barista ( untuk laki-laki ) dan bariste ( untuk perempuan ).


Umumnya barista memang bekerja di kedai-kedai kopi, bar-bar kopi atau coffee shop dan biasanya mengoprasikan mesin-mesin espresso komersial yang cenderung rumit. Tugas mereka adalah mengukur seberapa besar suhu dan tekanan yang di perlukan untuk membuat espresso, terutama karena espresso dikenal sebagai minuman yang Nampak sepele namun sebenarnya ‘agak ribet’ sehingga membuat espresso secara manual-pun dianggap sebagai pekerjaan yang penuh keterampilan.
Diluar menyiapkan espresso dan minuman-minuman lain, seorang barista yang terampil juga dituntut memiliki pengetahuan yang baik tentang seluruh proses kopi agar bisa menyiapkan dan menyguhi kopi yang nikmat yang tak terlupakan oleh pelanggan. Karena tidak lucu juga seorang barista tidak bisa menjawab jika seorang pelanggan bertanya tentang kopi kepada seorang barista. Maka dari itu wajib seharusnya seorang barista mengetahui berbagai macam jenis kopi dan pengolahannya. Missalnya washing, roasting, brewing, dan lainnya.

Karena itu pula, untuk menjadi seorang barista diperliukan latihan demi latihan, dan bahkan tak jarang mereka mengikuti kelas-kelas dan pelatihan barista selama bertahun-tahun sebelum mereka dinobatkan dengan predikat ahli atau expert dalam bidang meracik kopi Bernama barista.
Populasi kopi yang tahun kian meningkatpun ikut menaikkan gengsi dan popularitas para peracik kopi Bernama barista ini. Di banyak negara yang memiliki kultur minuman kopi, seorang barista bahkan bisa memperoleh pendapatan per jam yang fantastis.

Di sisi lain, semakin semaraknya dunia kopi juga akhirnya melahirkan kompetisi kelas dunia. Kejuaraan bergengsi yang sekarang dikenal dengan world barista championship ( WBC ) rutin di gelar setiap tahun di berbagai negara berbeda. Sebelum mengikuti lomba bergengsi ini, biasanya terlebih dahulu akan di seleksi dengan mengadakan perlombaan di masing-masing negara.
Memiliki dedikasi penuh dan selalu bersikap professional adalah salah satu alasan kenapa barista cenderung di hargai atau di bayar begitu mahal. Karena sejatinya profesi barista bukan hanya sekedar ‘tukang bikin kopi’ lalu selesai. Mereka adalah seniman yang tahu betul berapa banyak takaran dan campuran yang di perlukan untuk menyajikan espresso dan variasinya atau minuman jenis kopi lainnya.
Setelah membaca artikel ini, tentu membuat kita semakin paham apa dan bagaimana Barista itu. Apakah kalian sudah siap menjadi Barista masa depan?? Mari bergabung dengan Jaya Wisata International Hotel School untuk mewujudkan impian kalian, melatih diri untuk menjadi salah satu Barista berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses cookies to offer you a better browsing experience. By browsing this website, you agree to our use of cookies.
×

Halo!

Ada yang bisa kami bantu?

Klik tombol Admin Staff kami di bawah

×